7 Tips Jitu Mencegah Bidai Tulang Kering Ampuh

Anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang menderita Bidai Tulang Kering? Bingung cara mencegahnya? Lakukan 7 Tips Jitu Mencegah Bidai Tulang Kering Ampuh Ini

Ketahui! Bahaya Penyakit Bidai Tulang Kering


Bidai Tulang Kering atau dalam istilah medis disebut dengan tibial stress syndrome merupakan rasa nyeri pada tulang kering atau tulang tibia yang merupakan tungkai bawah bagian depan. Kondisi ini umumnya dialami oleh orang yang berolahraga terlalu keras. Akibatnya tulang kering dan jaringan ikat (yang melekatkan otot pada tulang) mengalami tekana berulang-ulang, sehingga jaringan tungkai bawah menjadi rusak.

Umumnya bidai tulang kering bukan merupakan kondisi yang serius akan tetapi rasa nyeri ini bisa bertambah buruk apabila dibiarkan. Dengan pengobatan yang dilakukan di rumah, penderita bidai tulang kering bisa pulih dalam waktu beberapa minggu.

Penyebab dan Faktor Resiko Bidai Tulang Kering

Kondisi peradangan permukaan tulang (periosteum), otot, serta urat (tendon) pada tungkai bawah yang menimbulkan rasa nyeri diduga terjadi karena kegiatan fisik yang berulang. Sedangkan pendapat lain menduga bahwa nyeri pada bidai tulang kering terjadi karena kondisi ruang otot pada tungkai bawah tidak seimbang atau lemah. Walaupun begitu, sejauh ini penyebab pasti dari bidai tulang kering masih belum bisa dipastikan.

Ada juga beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami bidai tulang kering diantaranya yaitu :

  • Mempunyai berat badan berlebih atau obesitas
  • Mempunyai telapak kaki datar atau lengkungan telapak kaki yang tinggi serta mempunyai otot betis dan tendon achiles (jaringan yang menghubungkan tumit dan otot betis) yang kaku
  • Mempunyai jaringan pergelangan kaki yang lemah
  • Menggunakan sepatu yang tidak tepat atau tidak mendukung dalam kegiatan fisik yang dilakukan
  • Tidak pernah berolahraga, akan tetapi secara mendadak melakukan olahraga lari
  • Penambahan durasi, frekuensi atau intensitas kegiatan fisik secara tiba-tiba
  • Menjalani latihan militer
  • Berlari di permukaan yang keras atau tidak rata.

7 Tips Jitu Mencegah Bidai Tulang Kering Ampuh

Banyak sekali metode pencegahan yang bisa anda lakukan untuk mencegah bidai tulang kering, salah satunya yaitu dengan melakukan 7 Tips Jitu Mencegah Bidai Tulang Kering Ampuh ini yang bisa anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah diantaranya yaitu ;

1. Lakukan Peregangan Sebelum dan Sesudah Melakukan Aktivitas Yang Berat

Anda bisa melakukannya dengan mempraktikkan latihan terarah berikut ini :

  • Dengan keduat tumit anda merapat, jari-jari kaki menghadap ke atas dan kedua tangan terentang ke udara, pelan-pelan dorong tubuh anda ke arah jari-jari kaki tersebut sebelum kembali ke belakang. Ulangi selama sepuluh kali
  • Dengan tumit anda berjauhan, jari kaki anda merapat dan tangan anda terentang ke udara, pelan-pelan dorong tuuh anda ker arah jari-jari kaki tersebut sebelum kembali ke belakang. Ulangi sepuluh kali.

2. Lakukan Pemasana sebelum olahraga berat dan lakukan juga pendinginan.

Cara ini juga akan membantu anda mengurangi rasa nyeri keesokan harinya.

3. Jangan berlari jika anda curiga mengalami bidai tulang kering.

Apabila terasa sakit, berhentilah. Apabila anda terus berlari, bidai tulang kering tersebut bisa menjadi semakin parah.

4. Jangan berlari atau bermain diatas permukaan yang keras, misalnya beton.

Larilah diatas lintasan (track) yang menggunakan rumput tiruan, atau diatas treadmill dengan sedikit pegas. Berlari diatas permukaan yang keras seperti beton bisa memperparah fraktur stres pada tulang.

5. Apabila anda memang mengalami bidai tulang kering, berilah waktu agar cedera anda segera sembuh.

Perlakukan seperti selayaknya cedera, bukan sesuatu yang menyulitkan atau harus anda alami terus menerus dari sekarang. Anda saatnya anda harus memberi kesempatan bagi persendian anda untuk beristirahat. Sebagai ganti berlari, berenanglah atau bersepedahlah.

  • Perlu waktu kira-kira 3-6 bulan sebelum bidai tulang kering anda benar-benar sembuh. Istirahatkan persendian anda selama jangka waktu itu dan jangan terburu-buru olahraga atau latihan yang menyebabkan cedera tersebut kembali.

#TIPS TAMBAHAN!

  • Cobalah untuk tidak “menginjak” kaki anda ketika berlari. Hal ini akan mengurangi tekanan pada tulang kering anda
  • Berlarilah diatas tanah yang lebih lembut. Hindari permukaan beton dan berlari diatas tanah berlumpur atau rerumputan
  • Jangan melakukan banyak olahraga terlalu cepat. Anda tidak boleh menambah jarak atau berlari terlalu cepat, terutama apabila anda pelari baru atau telah lama tidak berlari. Cara yang gampang adalah jangan pernah menambah jarak tempuh anda lebih dari 10% dalam seminggu
  • Cari tahu tipe lengkung kaki anda. Apabila kaki anda datar atau terlalu melengkung, anda lebih beresiko mengalami bidai tulang kering
  • Santai saja ketika anda berjalan menuruni bukit. Apabila mungkin meluncurlah diaras permukaan yang berumput. Hal ini akan mengurangi resiko anda tergelincir dan terjatuh.

#PERINGATAN!

  • Jangan terlalu sering mondar-mandri dengan tumit dan jari kaki anda. Beberapa menit dalam sehari sudah cukup.

Baca Juga : Obat Herbal Bidai Tulang Kering

Rekomendasi Pengobatan Penyakit Bidai Tulang Kering Secara Herbal


Ingin Mencegah dan Mengobati Bidai Tulang Kering Aman Dan Tidak Menimbulkan Efek Samping? Obat Herbal Bidai Tulang Kering Ini Solusi Terbaiknya~!


7 Tips Jitu Mencegah Bidai Tulang Kering Ampuh yang terakhir adalah dengan mencoba menggunakan obat herbal. Mengapa harus menggunakan produk herbal? Karena produk herbal terbuat dari bahan-bahan alami tanpa adanya bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan Obat Herbal Bidai Tulang Kering yang sudah sangat terbukti sangat efektif dan manjur untuk mencegah dan mengobati Bidai Tulang Kering secara ALAMI, AMAN, CEPAT dan TANPA EFEK SAMPING dengan HARGA yang sangat TERJANGKAU. Menggunakan Obat Herbal Bidai Tulang Kering merupakan solusi yang sangat tepat. Obat Herbal ini sudah sangat terpercaya dan terjamin khasiatnya. Tidak hanya itu Obat Herbal Bidai Tulang Kering ini juga terbuat dari bahan-bahan yang 100% alami pilihan dan tidak menggunakan bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lanjut usia.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Herbal Bidai Tulang Kering Klik Disini ↓ ↓

Atau Pesan Langsung Obat Herbal Bidai Tulang Kering

Layanan Konsultasi dan Pemesanan Buka 24 Jam
Best Regards, Rindu Sehat

Ilham Nur Rizki Muharram
Hotline : 081320494019(Telp/SMS/WA)- 5D55CD3A (BBM)
Jl. Noenoeng Tisna Saputra, Kota Tasikmalaya, 46115 Indonesia.
Walatra Sehat SendiObat Herbal Bidai Tulang Kering

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Ngecopy yahh : )