Mengenal Cedera Hamstring

Otot hamstring merupakan tiga buah otot yang berkelompok dan terletak di bagian belakang paha. Pada kondisi tertentu, otot ini bisa tertarik atau keseleo. Kondisi ini disebut dengan cedera hamstring. Mari Mengenal Cedera Hamstring Kondisi Yang Sering Dialami Atlet, simak penjelasannya sampai tuntas!

Cedera Hamstring merupakan kondisi saat seseorang mengalami tarikan atau robekan pada otot hamstring.

Hamstring adalah 3 otot besar yang berfungsi mengubungkan otot dan tulang, terletak dibelakang paha, memanjang dari pinggul hingga bagian bawah lutut. Hamstring tidak terlalu digunakan saat berdiri atau berjalan, namun akan sangat aktif saat melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan menekuk lutut, seperti memanjat, melompat dan berlari.

Cedera hamstring merupakan kondisi yang cukup umum dialami dalam aktivitas yang melibatkan berlari, melompat dan menendang serta juga bisa muncul karena meregang terlalu berlebihan (seperti pada yoga) dan aktivitas lainnya yang memerlukan permulaan dan perhentian yang cepat.

#Tahukah Anda?
Cedera hamstring sering terjadi. Umumnya dialami karena aktivitas yang beresiko tinggi terkena otot hamstring tertarik adalah sepak bola, baseball, basket, angkat beban, taekwondo, ice skating, menari dan pertandingan atletik. Penyakit ini menyerang pria maupun wanita. Anda bisa mengatasi peluang terkena penyakit ini dengan mengurangi faktor resikonya. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tahap Keparahan Cedera Hamstring


Berdasarkan tingkat keparahan yang dialami, cedera hamstring terbagi menjadi 3 kategori diantaranya yaitu:

  • Kategori I
    Otot hamstring mengalami peregangan atau tertarik ringan. Cedera pada kategori ini membutuhkan pemulihan beberapa hari.
  • Kategori II
    Otot hamstring sobek sebagian. Cedera pada kategori ini membutuhkan pemulihan beberapa minggu hingga beberapa bulan.
  • Kategori III
    Ronekan terjadi pada seluruh otot. Cedera kategori ini juga membutuhkan pemulihan beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Gejala Cedera Hamstring


Saat anda mengalami cedera hamstring, maka akan timbul beberapa gejala. Ketika cedera yang diderita masih dalam tahap ringan, rasa sakitnya mungkin tidak akan terlalu terasa. Nyeri terutama di bagian belakang paha dan dibawah bokong.

Akan tetapi jika mengalami cedera hamstring yang parah, rasa nyeri yang muncul akan sangat menyakitkan hingga akan membuat penderitanya sulit berdiri atau berjalan.

Selain rasa sakit atau nyeri, gejala lain yang mungkin muncul diantaranya yaitu:

  • Mendadak muncul rasa nyeri saat sedang berolahraga
  • Kejang otot
  • Dengan cedera yang serius, orang bisa merasakan ototnya menyempit atau pecah dan kadang-kadang merasa seolah-olah kaki belakangnya dipukul keras
  • Terdapat memar di bagian yang sakit
  • Rasa nyeri yang muncul biasanya akan terasa saat berjalan, membungkuk atau sekedar meluruskan kaki.

Kemungkinan ada beberapa tanda dan gejala yang tidak dicantumkan diatas. Apabila anda mempunyai kekhawatiran terhadap sebuah gejala tertentu segera konsultasikan dengan dokter.

Penyebab Cedera Hamstring


Penyebab utama cedera ini adalah karena otot hamstring meregang melebihi batasnya saat melakukan aktivitas tertentu, seperti berlari atau melompat.

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko cedera hamstring diantaranya yaitu:

  • Olahraga. Aktivitas olahraga seperti berlari beresiko menyebabkan cedera hamstring
  • Riwayat cedera hamstring. Seseorang yang pernah cedera hamstring lebih bersiko untuk mengalaminya lagi
  • Kelenturan otot yang buruk. Kondisi ini membuat otot bisa menahan beban atau tekanan saat melakukan aktivitas
  • Perkembangan otot yang tidak seimbang. Beberapa ahli berpendapat bahwa cedera hamstring terjadi jika otot paha bagian depan (quadriceps) lebih kuat daripada otot hamstring.

Tidak mempunyai faktor resiko bukan berarti anda tidak bisa mengalami otot hamstring tertarik. Faktor ini hanya sebagai referensi. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Diagnosis Cedera Hamstring


Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui nyeri dan pembengkakan pada paha yang cedera. Area nyeri dan tingkat rasa sakit pada pasien akan membantu dokter menyimpulkan jenis cedera yang anda alami. Dokter juga akan menggerakkan tungkai pasien yang cedera ke berbagai arah, untuk menunjukkan bagian otot yang rusak dan apakah pasien juga mengalami cedera ligamen atau tendon.

Pada kondisi cedera hamstring yang parah, otot bisa robek atau terlepas dari bagian yang menempel pada tulang. USG atau MRI bisa melihat robekan pada otot tersebut. Kadang otot yang terlepas dari tulang mengakibatkan sejumlah kecil tulang ikut tertarik, sehingga mengakibatkan patah tulang. Foto rontgen bisa melihat patah tulang tersebut.

Pencegahan dan Pengobatan Cedera Hamstring


Cedera hamstring lebih mudah dicegah dibandingkan dengan diobati. Lakukan hal-hal berikut ini untuk menghindari cedera hamstring:

  • Lakukan peregangan dan latihan penguatan otot hamstring secara rutin sebagai tindakan pencegahan
  • Lakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga dan lakukan peregangan setelahnya
  • Peningkatan intensitas latihan dilakukan secara berlebihan
  • Hentikan latihan jika merasakan sakit di belakang paha.

Apabila terjadi cedera hamstring dokter akan menyarankan sejumlah hal berikut ini untuk mengurangi nyeri dan bengkak:

  • Istirahat total untuk menghindari aktivitas berlebihan pada tungkai. Apabila memungkinkan, saat berbaring letakkan tungkai lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi bengkak
  • Gunakan alat bantu, seperti tongkat, agar tungkai yang cedera tidak menahan terlalu banyak beban
  • Kompres dingin pada bagian tungkai yang cedera untuk mengurangi nyeri dan bengkak. Lakukan beberapa kali dalam sehari
  • Anda juga bisa mencoba mengobati cedera hamstring dengan melakukan 6 trik jitu mengatasi cedera hamstring ala rumahan yang bisa anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah
  • Balut bagian yang cedera dengan perban untuk mengurangi bengkak
  • Konsumsi obat pereda nyeri, seperti iboprofen atau paracetamol untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak
  • Menggunakan Obat Herbal. Anda juga bisa mencoba menggunakan obat herbal untuk mengobati Cedera Hamstring. Obat herbal ini bisa anda gunakan apabila anda tidak cocok atau mempunyai alergi dengan obat-obatan kimia dan tidak ingin melalukan jalan operasi. Mengapa harus obat herbal? Karena obat herbal ini terbuat dari bahan yang alami sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lanjut usia tanpa menimbulkan efek samping walaupun dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Obat herbal ini solusi yang tepat untuk pencegahan ataupun obat pendamping untuk membantu proses penyembuhan Cedera Hamstring.

Agar anda terhindar dari cedera hamstring, latihan peregangan dan penguatan otot merupakan bagian yang wajib dilaksanakan. Selain itu lakukan pemanasan sebelum berolahraga bisa mengurangi resiko terkena cedera ini. Berkonsultasilah dengan dokter untuk memastikan anda mengalami cedera hamstring sekaligus menentukan tindakan penanganan yang cepat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Ngecopy yahh : )